Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » , , , , » Memasang Widget Like Box Facebook Di Blog

Memasang Widget Like Box Facebook Di Blog

Tanggal 24 Juni 2011 Saya sempat berkunjung ke kos-kosan teman kuliah. Tempatnya lumayan jauh dari tempat kosan Saya. Sesampai di sana Saya disuguhkan sebuah buku yang digunakan untuk optimasi WordPress selfhosted atau hosting sendiri. Judul buku itu adalah WordPress Hack dan Tweakkarya MataMaya Studio, penerbitnya Elex Media Komputindo Jakarta. Sepintas saya tertarik dengan salah satu bahasan buku tersebut. Bahasan tentang menggunakan salah satu plugin Like Box facebook. Source code Plugin itu dapat anda temui di sini.

Setelah membaca akhirnya saya paham maksud dan fungsi dari like box di dalam buku ini. Sebenarnya like box tidak langsung terkoneksi ke blog, melainkan sebuah halaman (page) facebook yang diberi inisial sesuai dengan blog yang dijadikan target (target dipasangi like box). Sehingga halaman facebook tersebut bisa mewakili blog target. Cerdas! Dengan demikian pengunjung yang memiliki akun facebook bisa menunjukan rasa “like”-nya ke halaman tersebut. Halaman yang merupakan wakil blog yang berada di facebook. Jadi, secara tidak langsung pengguna facebook tersebut menyatakan rasa sukanya ke blog yang menggunakan Like Box di sidebar-nya. Semakin banyak like-nya, berarti blog tersebut telah memiliki “fans” sebanyak pengguna facebook yang mengklik tombol like di plugin tersebut..
Sangat menarik menggunakan plugin ini. Dua jam mengutak-atik, akhirnya saya berhasil memasang beberapa plugin facebook di blog ini. Kalau tidak percaya, silahkan lihat di sidebar. Jangan lupa di “like” ya. Hehehehe. Saya telah menggunakan beberapa plugin yang disediakan facebook, diantaranya, Like Box, Send Button, Recent Activity, dan Like Button. Menjadi lebih menarik ternyata.
Sesuai dengan judul tulisan ini, Saya akan menunjukkan beberapa langkah yang dilakukan untuk memasang plugin Like Box di widget blog dengan engine WordPress. Petunjuk tersebut adalah sebagai berikut.
Syarat :
  1. Harus memiliki blog
  2. Memiliki Akun Facebook
Langkah :
1.Login ke akun facebook Anda (agar anda bisa ditunjuk langsung sebagai admin di halaman atau page yang dibuat)  dan selanjutnya ketikan alamat berikut di URL Address browser.http://www.facebook.com/pages/create.php. Maka
akan muncul halaman berikut

2.Pilih salah satu dari 6 pilihan yang muncul. Seperti Brand or Product.
3.Pilih Kategori “Website” dan ketikan nama Halaman yang akan dibuat pada kota di bawah kategori. Jangan lupa centang tanda persetujuan atau “Agree”. Lanjutkan dengan mengklik tombol “Get Started”.
4.Lanjutkan dengan mengedit informasi untuk akun halaman yang baru tersebut. Langkah ini hampir sama dengan langkah pengaturan akun pada akun FB biasa.
5.Copy URL address dari halaman yang baru saja dibuat [!penting]. Selanjutnya pada bagian “Get Started” anda akan menjumpai gambar berikut ini.
6.Pada gambar tersebut, pilih bagian add Like Box. Maka anda akan diarahkan ke halaman yang memiliki bagian seperti berikut ini.
7.Pada gambar 6, terdapat sebuah box yang meminta isi “Facebook Page URL address”. Paste-kan URL address yang anda copy pada langkah 5 ke dalam box tersebut.
8.Tunggu beberapa saat, sistem akan menampilkan tampilan widget untuk halaman tersebut. Aturlah lebar (width), skema warna (Color Scheme), dan pilihan-pilihan lain sesuai dengan gambar poin 6. Aturlah sesuka anda!
9.Setelah pengaturan sesuai dengan pilihan, lanjutkan dengan mengklik tombol “Get Code” yang terdapat pada bagian paling bawah gambar poin 6.
10.Maka akan muncul source code yang bisa anda copy . Ada dua pilihan yang dapat dipilih, dua-duanya dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Copy code tersebut.
11.Selanjutnya Paste-kan di Widget “text” Blog WordPress anda, simpan dan perhatikan hasilnya.


Poin 11 adalah langkah yang hanya dilakukan untuk blog dengan engine wordpress. Langkah selain poin 11, bisa dimanfaatkan untuk semua blog atau website yang sedang Anda kembangkan. Itulah sedikit cara yang dilakukan untuk memasang widget like box di blog kesayangan. Selamat mencoba, kalau ada masalah, mari kita diskusikan. Sebelumnya like dulu blog Saya! Let’s Share.
Isaninside – penghujung Juni 2011 – Sleman, Yogyakarta

Sumber http://isaninside.net/

Baca Juga Yang Ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>