Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » , , , , » Menelusuri Erotisme Candi Sukuh Yang Misterius

Menelusuri Erotisme Candi Sukuh Yang Misterius

Menelusuri Erotisme Candi Sukuh Yang Misterius.
Candi Sukuh adalah sebuah candi yang penuh dengan ornament erotis. Candi Sukuh Juga merupakan salah satu candi yang menarik di kawasan asia tenggara, karena bangunan utama candi sukuh mirip dengan piramida Suku Maya di Amerika Tengah.


Kompleks candi tidak begitu luas. Karena hanya menempati sebidang tanah berundak, gapura utama Sukuh tidak berada tepat ditengah melainkan di sebelah kanan depan. Sisi kanan dan kiri dihiasi dengan beberapa relief. Sebuah tangga batu yang cukup tinggi membawa saya ke lorong gapura yang ternyata dihalangi dengan pintu jeruji ( di gembok dengan rantai). Untuk naik ke teras kedua, kami harus turun lagi dan berjalan memutar lewat sebelah kanan. Dari teras kedua barulah nampak dengan jelas bentuk relief di sisi gapura ini. Salah satunya adalah gambar seekor burung garuda yang kaki-kakinya mencengkeram seekor naga.

Yang mengherankankan adalah adanya banyak relief sosok manusia dalam keadaan polos, tanpa busana sama sekali (telanjang bulat). Hal ini sangat mencengangkan jika mengingat budaya timur yang sangat kental dengan norma susila di Indonesia. Ditambah lagi bila mengingat bahwa ini adalah candi, sebuah bangunan yang identik sebagai tempat persembahyangan dan pemujaan dewa. Melongok ke lorong gapura, sesaji bunga dan dupa berada di lantai, dekat sebuah relief lingga dan yoni dalam sebentuk lingkaran rantai.

Mendekat ke candi utama di teras ketiga, berdiri sebuah panggung batu setinggi pinggang orang dewasa di sebelah kirinya. Terdapat menara batu di bagian depan panggung, lagi-lagi berhiaskan relief-relief erotis dari sosok-sosok tanpa busana. Satu sisi menara bergambarkan relief berbentuk tapal kuda dengan dua sosok manusia di dalamnya. Oleh kebanyakan orang, relief ini dipercaya menggambarkan rahim seorang wanita dengan sosok sebelah kiri melambangkan kejahatan dan sosok sebelah kanan melambangkan kebajikan. Sebuah candi perwara berdiri di depan candi utama. Memutar ke arah kanan, berdiri sosok patung (arca Gupala) tanpa kepala. Gupala ini memegang "anunya" yang terlalu besar dibanding ukuran tubuhnya (tidak proporsional). Wah, MANTABS MAN!

Menelusuri Erotisme Candi Sukuh Yang Misterius

Baca Juga Yang Ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>