Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » , , » Situs Candi Umbul

Situs Candi Umbul

Situs Candi Umbul
Kolam pemandian Candi Umbul merupakan sebuah situs candi hindu peninggalan Wangsa syailendra di masa kerajaan mataram kuno yang di bangun pada abad 9 Masehi. Menurut informasi pada zaman dahulu pemandian ini di gunakan sebagai pemandian putri raja setelah melakukan ritual di candi Borobudur. Sumber air panas (hangat) ini di temukan sekitar abad 8-9. Konon di sekeliling candi umbul ini di kelilingi beberapa bangunan candi penjaga, terbukti dengan ditemukanya beberapa potongan batu yang bergambar relief.



Konon situs ini pernah terimbun ketika agama islam masuk ke nusantara, dan di gali kembali pada zaman penjajahan belanda. Sekitar tahun 1870-an kolam candi umbul ditemukan dan di ekskavasi oleh pemerintah belanda. Pada awalnya, lokasi kolam pemandian itu berada di bagian belakang kompleks percandian yang terletak di tepian kali elo. Karena letusan gunung merapi tahun 1906 telah mengakibatkan candi umbul mengalami kerusakan dan terpendam oleh material vulkanik yang mengalir melalui kali itu. Proses rekontruksi ulang candi umbul dengan memindah lokasi kolam sedikit menjauh daru kali Elo. Sedangkan pondasi asli candi berada tak jauh dari kolam itu hingga kini masih terpendam di dalam tanah.

Baca Juga Yang Ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>