Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » » Candraning Raja Ilang Matane

Candraning Raja Ilang Matane

Candraning raja ilang matane sebuah kata candra sengkala yang menggambarkan tahun 2011 sebab menurut kata di dalam candra sengkala dapat kita lihat makna angka-angka dari sebuah kata candra,tak ubahnya seperti tahun 2011 ini yang bila di lihat dalam kata candra
sengkala yaitu candraning raja ilang matane yang berarti ibarat raja yang kehilangan mata.
Mengapa bisa demikian..???
Semua dapat di jelaskan sebagi berikut :
  • 2 = berarti mata
  • 0 = berarti ilang
  • 1 = berarti raja
  • 1 = berarti candra

Berdasarkan keterangan di atas dapat kita lihat jika kata candra dari angka 2011 yaitu mata ilang raja candra namun di dalam candra sengkala biasanya di baca terbalik hingga menjadi kata candra raja ilang mata dengan demikian maka terbentuklah kata candraning raja ilang matane setelah mendapat imbuhan dan akiran untuk membentuk sebuah makna di dalam kata yang di ambil dari angka-angka sebuah tahun tersebut.

Memang berkesan tabu bila kita membicarakan candra sengkala di jaman yang sudah serba modern ini,namun sebagai orang jawa tentunya hal ini bukan hal asing lagi buat saya sebab saya pribadi mengakui bahwa di jawa ini banyak menyimpan misteri-misteri yang tidak mudah untuk di pelajari.
Maka di sini saya (pribadi) sekedar menggambarkan bagaimana orang pada jaman dulu menyebut atau menandai sebuah tahun,semoga bisa berarti bagi kita semua untuk mengambil sikap dan berhati-hati di tahun yang telah tergambarkan di sini.

Namun di sini perlu saya tegaskan bahwa candra sengkala bukan merupakan sebuah ramalan karena candra sengkala hanya perwujudan atau anonim dari angka-angka tahun yang tertera,dimana pada jaman dulu di gunakan untuk mengungkapkan atau menyebut sebuah tahun.
Jadi bila ada yang coba-coba mencari makna dari kata dan menghubung-hubungkanya dengan berbagai kejadian kemudian terjadi itu hanyalah kebetulan belaka sebab masih banyak kata anonim atau kata candra sengkala yang bisa di gunakan untuk menyebut atau menandai sebuah tahun.
Semoga tulisan ini tidak menyesatkan dan menyebabkan salah tafsir.

Baca Juga Yang Ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>