Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » » Aktor Pendukung Gobalisasi

Aktor Pendukung Gobalisasi

Aktor lain dalam globalisasi adalah MNC (Mu!ti National Corporation), sebuah perusahaan asing yang masuk dalam berbagai negara. Menurut majalah Business Week Asia edisi Agustus 2003 di Indonesia ada 64 MNC yang berasal dari AS, seperti McDonald
, Cocacola, Levi's, Yahoo, Boeing, Motorola, Nike, IBM, Avon, MTV dan sebagainya.
MNC ini meliputi bidang industri,tehnologi informasi dan jasa MNC ini bukan sekedar membangun perusahaan tapi lebih jauh dari itu.
 Mereka mengadakan perjanjian dengan pemerintah suatu negara bahkan sampai dapat mengatur siapa yang akan menjadi kepala negara, kebijakan ekonomi yang diambil, sampai UU Perburuhan. Bila negara dianggap tidak kondusif untuk penanaman modal maka MNC dapat menarik semua investasinya dari negara itu.

Seperti kasus Nike, Sony dan sebagainya yang mengakibatkan timbulnya pengangguran. Ada lembaga konsultan internasional yang disebut PERC (Political and Economic Risk Consultan) yang membuat 11 syarat yang harus dipenuhi oleh suatu negara bila ingin dianggap sebagai negara yang kondusif untuk penanaman modal oleh MNC.
1. Biaya Sewa
2. Beban Pajak
3. Kualitas sistem perpajakan
4. Ada tidak adanya monopoli atau kartel
5. Persaingan pemerintah dan swasta
6. Birokrasi
7. Kemudahan mendirikan usaha
8. Hambatan untuk impor
9. Pelanggaran hak atas kekayaan intelektual (HAKI)
10. Perlindungan hukum atas HAKI
11. Daya saing regional.
Bila salah satu saja dari kesebelas syarat ini dianggap merugikan MNC maka dia dapat meninggalkan negara itu dan masuk ke negara lain.

Baca Juga Yang Ini:

2 komentar:

mrpall mengatakan...

apik tulisane....salam knal

Bocah Mbelis mengatakan...

Salam kenal Jua Om..

Posting Komentar

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>