Loading

Sebelumnya Baca Juga Tulisan Bocah Mbelis Yang Ini :

Yang Banyak Di Baca Pada Blog Bocah Mbelis Ini :

Bocah Mbelis » , , , » Legenda Jaka Tarub Di Balik Pesona Air Terjun Sekar Langit

Legenda Jaka Tarub Di Balik Pesona Air Terjun Sekar Langit

Legenda Jaka Tarub Di Balik Pesona Air Terjun Sekar Langit.
Air terjun sekar langit menyimpan misteri dan mitos yang di percaya oleh masyarakat sekitar. Konon air dari air terjun sekar langit ini di percaya mampu menambah aura kecantikan bagi seorang perempuan yang mandi atau sekedar membasuh muka di air terjun sekar langit. Bahkan ada anggapan lain tentang erotisme khasiat dari air terjun sekar langit ini, yaitu mampu membuat padat berisi dan kencang payudara. Itu katanya.


Sedangkan bagi yang sulit mendapat jodoh, katanya akan segera mendapat jodoh setelah melakukan meditasi di area air terjun, dan ritual seperti ini biasanya di lakukan pada malam selasa kliwon atau malam jumat kliwon. Sementara tempat yang di pilih untuk melakukan ritual ini umumnya di atas batu besar berdiameter kurang lebih lima meter yang terletak di sebelah selatan air terjun. Tempat tersebut di percaya sebagai tempat paling makbul, karena menurut cerita yang di yakini, tempat tersebut adalah tempat dimana jaka tarub mengintip para bidadari yang sedang mandi di air terjun sekar langit.

Sementara untuk kebenaran mitos dan legenda jaka tarub yang berkaitan dengan segala hal tentang air terjun sekar langit ini, saya kurang bisa memahami. Sebab (menurut saya) sudah menjadi kebiasaan bila tempat-tempat wisata di negeri ini kadang di hubung-hubungkan dengan berbagai hal, seperti legenda, asal-mula terjadinya sesuatu atau yang lainya, bahkan keberhasilan seorang tokoh dalam legenda itupun kadang di tiru jugaoleh orang yang mempercayainya agar mendapat keberhasilan seperti apa yang di peroleh oleh tokoh dalam dongeng tersebut.

Dengan adanya mitos yang berkembang membuat warga sangat menghormati keberadaan tetesan mata air yang berasal dari gunung telomoyo ini. Dan keuntungan tersebut tentunya bisa berfungsi sebagai kebijakan lokal untuk menjaga dan melestarikan tempat tersebut.
Legenda Jaka Tarub Di Balik Pesona Air Terjun Sekar Langit

Baca Juga Yang Ini:

Posting Terakhir :

Post Kota Ngawi :

 

Bocah Mbelis Paking Design by Oca © 2012

Bocah Mbelis Dolalak (Tarian Khas Purworejo)<a href='http://bocah-mbelis.blogspot.com/2012/04/dolalak-tarian-khas-purworejo.html'></a>